Bangunan Gudang Di Tepi Kali Jantung Sukamaju Ambruk, Air Kali Masuk Ke Rumah Warga Perumahan Mandala

Cilodong Depok Nuansapublik. Com.

Warga Perumahan Pondok Tirta Mandala RT. 5/18 yg berdapan kali jantung dikejutkan ada gemuruh pada pukul 03,30 Wib.  setelah di lihat ada bangunan di atas tebing kurang lebih setinggi 40 meter ambruk dan menutupi kali jantung,  air kali yang begitu deras, tumpah mengalir ke jalan , setinggi lutut orang dewasa dan menggenangi beberapa bagian  rumah warga  yang  tidak  jauh dari bibir pinggir kali jantung lokasi ini terletak di perumahan Pondok Tirta Mandala kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong Depok, saat warga sedang tidur lelap karna sore hari nya hujan cukup deras. Pada hari kamis 08/12/2022.  Ketua RW, 18 dan Ketua LPM melaporkan kejadian ini ke pihak PUPR Kota Depok, mohon bantuan dilakukan membersikan puing-puing di sekitar kali jantung,

Foto : KasiePem Cilodong, ketua LPM, Ketua RW, Pokja Sehat serta warga berjibaku bersihkan sampah.

Pekerjaan rumah PUPR KOTA DEPOK DAN BPBD depok. .yang tadi pagi mulai jam 07,30 wib. sudah berada dilokasi dan alat berat dari PUPR spiderman mulai bergerak mengeruk Pukul 10,00 wib.  kali jantung yang tersumbat longsoran bangunan  pinggir kali..

Dengan cepat bersama warga  dan  dari Kasipem, Cilodong Hidayat, LPM Kusmawan, RW, relawan Pokja sehat  Kelurahan dan kru dinas penanggulan banjir PUPR / DAMKAR siap bekerja demi pulih nya kembali air kali jantung yang tersumbat sekitar pukul 11,00 wib. Air mulai Lancar kembali dan jalan-jalan perumahan mulai kering,  air yang mengenangi mulai surut dan pihak dinas pun berbenah mengangkut puing puing dan sampah sampah untuk kedepannya menata ulang turab kali jantung agar tidak terulang kembali.

Harapan warga,  sekitarnya dan LPM sukamaju harusnya masyarakat yang ada dipinggiran kali benar benar memperhatikan sekitar pinggiran kali  keselamatan  keluarganya,  bangunan rumah yang ada dipinggir kali  sepadan jalan yang seharusnya berjarak 3/4 meter dari garis sepadan jalan pinggir kali dan jarak rumah yang sudah di tentukan….ujarnya.

Sementara Camat Cilodong Bambang mengatakan Kejadian ini musibah yang tidak terduga namun kita tidak menginginkan kembali, tapi bangunan yang berada di pinggir kali jantung akan di data ulang dan tertibkan supaya bantaran kali ini tidak terulang kembali longsor.

Terjadinya hujan dari kemarin sore beberapa bagian yang terkena banjir akibat curah hujan tinggi sehingga di RW. 22 & RW. 15 Perum Fila Pertiwi  ada juga longsor  mengakibatkan tertutupnya jembatan oleh sampah serta puing dan mengakibatkan air tumpah ke jalan dan masuk ke Perum filla Pertiwi sebagian rumahnya terendam, kami juga terus memonitor perkembangannya sampai pukul 03,00 wib karna debet air cukup banyak ujar camat..

Dilokasi, ketua LPM Kusmawan  bersama jajarannya masih terus  memantau sampai selesai dan harapan nya agar warga yang berdekatan dengan pinggir kali jantung agar menjaga keselematan keluarganya sebab bila curah hujan tinggi rawan longsor…ujarnya.

Sambil menutup tanah menggunakan terpal agar bekas longsoran tidak terkena hujan serta akan segera dilakukan turab/  perbaikan .. (Tony)

(TY)

Mungkin Anda Menyukai