DKUM. Kota Depok Gelar Pekan Hari Koperasi Yang Ke 76 Tahun 2023 Berlangsung Meriah.

Depok : NuansaPublik.Com.
Dinas Koperasi  dan Usaha Mikro ( DKUM Kota Depok Gelar pekan hari Koperasi yang ke 76 Tahun 2023. dilaksanakan di Halaman Pasar Rakyat Jabar Juara Sawangan Baru Kecamatan Sawangan Depok. 19-21 Juni 2023.

Di buka. Oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Dalam sambutan, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, koperasi tidak boleh hilang karena menjadi lembaga yang memiliki landasan persatuan dan kebersamaan dalam kegiatan ekonominya.

“Tujuan utama koperasi untuk kesejahteraan anggotanya,” kata Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok saat membuka kegiatan tersebut.

Saat ini, terdapat 170-an koperasi sehat, jumlah tersebut terdiri dari 400 koperasi yang ada di Kota Depok.

“Kesehatan koperasi harus dijaga, makanya ada bidang koperasi di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM),” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya memastikan tidak akan melakukan pembubaran terhadap koperasi yang tak sehat, namun lebih fokus untuk melakukan pembinaan berkelanjutan.

“Kita melakukan pembinaan lewat bidang koperasi agar mereka tetap menjadi koperasi yang sehat, makanya kita buat event ataupun lomba untuk koperasi sehat,” jelasnya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh koperasi di Kota Depok agar menyejahterakan warga dan anggotanya.

“Selain itu juga memperbaiki manajemen yang ada di dalam koperasinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kiai Idris menuturkan, setelah alami resesi dalam kondisi pandemi, kini ekonomi mulai bergeliat kembali, Laju Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,24 persen, targetnya 7 persen.

Kemudian, pengangguran yang awalnya mencuat 9 persen, sekarang turun menjadi 7 persen, dan semua itu berkat adanya program Wirausaha Baru atau WUB besutan Pemerintah Kota (Pemkot) melalui DKUM Depok. Ucapnya..

Sementara itu Ketua Pekan Koperasi Kota Depok 2023, Suharno menambahkan, kegiatan pekan koperasi digelar selama tiga hari. Dimana kegiatan didominasi oleh hiburan rakyat dan wisata kuliner yang disajikan oleh pelaku UMKM.

“Kami menargetkan jumlah pengunjung selama tiga hari ini mencapai 15 ribu orang. Jika satu orang belanja rata-rata Rp 500 ribu selama tiga hari, maka perputaran transaksi ekonomi di even ini mencapai Rp 7,5 Miliar,” terangnya.

Dikatakannnya, even ini ada 60 stand pokok dan didukung puluhan stand umum yang jumlah keseluruhan mencapai 150 stand. Ungkapnya.. ( Tony)

Mungkin Anda Menyukai