Dandim 0508/Depok Mengunjungi Rutan Kelas I Depok

Nuansapublik. Com.-CILODONG, DEPOK

Guna meningkatkan Silaturahmi dan Sinergitas (2S) antara Rutan Kelas I Depok dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok, Letkol Inf. Totok Prio Kismanto yang belum lama menjabat sebagai Dandim 0508/Depok mengunjungi Rutan kelas I Depok yang diterima langsung Kepala Rutan, Andi Gunawan didampingi Kepala Seksi Pengelolaan, Tunggadewi Ratu Wardhani dan Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Widhi Ideranianto Prayitno, Rabu (26/07/2023).

Kepala Rutan Depok, Andi Gunawan mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan sinergitas antara Rutan Kelas I Depok dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok.

“Kegiatan ini pun menjadi bentuk sapa salam Dandim 0508/Depok yang baru yang sebelumnya menggantikan Kolonel Inf. Elvino Yudha Kurniawan,” kata Andi Gunawan.

Karutan pun dengan didampingi Kasi Pengelolaan dan Kasi Pelayanan Tahanan tak luput mengajak Dandim 0508/Depok melihat situasi dan kondisi Rutan, mulai dari fasilitas sarana dan prasarana seperti area kunjungan, Dapur, Pembuatan Krabu Coffee, Tato Sandal, hingga Blok Hunian.

“Dengan adanya kegiatan kunjungan ini,  semoga sinergitas yang telah dibangun selama ini antara Kodim 0508/Depok dengan Rutan Kelas I Depok semakin solid, sehingga rasa aman dan nyaman selalu tetap terjaga,” harapnya.

Sementara Dandim 0508/Depok, Letkol Inf. Totok Prio Kismanto yang untuk pertama kalinya melakukan kunjungan ke Rutan Depok dalam rangka silaturahmi kepada Karutan dan jajarannya sangan mengapresiasi kinerja yang diterapkan Rutan Depok. Diantaranya, pelayanan terhadap pengunjung dilakukan secara baik dan humanis dengan tetap memperhatikan SOP yang sudah ditentukan untuk mencegah adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pengunjung seperti penyelundupan Narkoda ke Rutan.

“Pembekalan keterampilan yang diberikan oleh Rutan kepada warganya paling tidak bisa membekali warga tahanan yang akan bebas untuk mengembangkan potensi dirinya di masyarakat saat bebas nanti,” ujar Dandim Inf. Totok Prio Kismanto.

Lebih lanjut dikatakan, hal pembinaan mental diberikan dengan baik dengan adanya salat zuhur secara berjamaah yang dilanjutkan dengan kultum. Bahkan adanya layanan komunikasi gratis kepada warga tahanan yang diberikan dengan waktu yang terbatas dari jam 08.00-10.00.Wib.

Dirinya menambahkan, hal lain-lain yang dilakukan oleh pihak Rutan dengan baik, adalah memperlakukan tahanan dengan humanis namun tetap memperhatikan SOP yang sudah diberikan.

“Dengan silaturahmi yang dilakukan ini, semoga pula dapat terjalin kerjasama dan komunikasi antara Rutan Depok- Kodim 0508/Depok dalam membina warga tahanan dalam bela negara,” pungkasnya. (TY)

Mungkin Anda Menyukai