Festival Bertajuk Sejuta Buku Untuk Depok, Berlangsung Mulai dari 11 Hingga 20 Agustus 2023 di Ballroom Global Jakarta University. (JGU)  Grand Depok Citi Sukmajaya Depok. 

Depok Nuansapublik.Com.

Festival buku pasar Depok berlangsung dari tanggal 11 sampai tanggal 20 Agustus 20023 yang di resmikan oleh Walikota Depok Mohammad Idris di Ballroom Global Jakarta University. ( JGU)  Jumat 10/08/2023 Grand Depok Citi Sukmajaya Depok.

Sebanyak ribuan buku dari puluhan penerbit dipamerkan dalam festival yang bertajuk Sejuta Buku untuk Depok, berlangsung mulai dari 11 hingga 20 Agustus 2023 mendatang.

Pembukaan Festival tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris,

Usai membuka festival tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, membaca dapat meningkatkan konsentrasi hingga kemampuan untuk menulis berdasarkan penelitian.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berharap Festival Buku Depok 2023 dapat memancing minat baca anak-anak di Kota Depok.

“Ini festival buku yang bisa dibilang pertama di Kota Depok, karena kecemasan dari sebagian pelaku-pelaku literasi Kota Depok terhadap kecenderungan anak-anak, makanya kita sangat memikirkan anak-anak jangan sampai tidak gemar membaca,” tuturnya.

Perlu diketahui, dalam festival ini juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan menyumbang buku terbaiknya, yang nantinya akan didistribusikan ke taman baca yang berada di taman-taman kelurahan se-Kota Depok.

“Saat membeli buku (dalam festival ini), mungkin beli tiga disumbangkan satu, atau mau disumbangkan semuanya Alhamdulillah untuk anak-anak kita se-Kota Depok,” tutur Kiai Idris.

“Karena nanti saat saya launching taman baca di taman kelurahan, paling tidak buku-buku ini sebagian sudah terdistribusi di taman baca di taman kelurahan, yang mengelolanya taman baca masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya sudah mulai menyediakan taman baca di setiap taman kelurahan di Kota Depok, seperti di Taman Kelurahan Tugu yang dijadikan sebagai taman baca.

“Jadi taman-taman di setiap kelurahan dibuatkan pojok baca, kita setting agar anak-anak bisa membaca di sana,” ungkap Kiai Idris.

Dirinya menambahkan, hingga kini sebanyak 786 buku untuk sementara berhasil dikumpulkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN)…

Menurut pantia penyelenggara  Irwan Nurwanto. Dalam selama 10 hari ini ada berbagai kegiatan ada lomba-lomba lomba seni tari kelompok mewarnai lomba marawis dan ada workshop-workshop menulis buku Ada workshop menulis komik Ada workshop menghafal Alquran dan kita juga menghadirkan bintang tamu saja Dewi Tika bisono dan jangan lupa selama 10 hari ucapnya.

Selain itu kata, Irwan cacara ini adalah targetnya adalah menyadarkan masyarakat kota Depok tentang pentingnya literasi masyarakat kota Depok buku-buku yang tidak terpakai di rumah yang bisa kita manfaatkan kita Sumbangkan menjadi taman bacaan taman bacaan di sekitar lingkungan di Kota Depok Bagaimana masyarakat kota Depok bisa mengakses buku-buku bagi masyarakat yang tidak mampu segala macam bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan secara mudah.

Harapannya Kota Depok bisa mendorong terbentuknya Taman baca Taman baca dengan adanya gerakan tersebut target kita setiap Kelurahan ada taman bacaan,  disetiap keluarga itu bahkan targetnya setiap RW itu ada pojok baca Bagaimana anak-anak di Kota Depok ke depannya mereka lebih memilih literasi membaca buku daripada mereka bermain game dan harapannya dukungan dari masyarakat kota Depok Yuk kita sama-sama membantu Kota Depok menjadi kota literasi dan anak-anak kita ke depan menjadi anak-anak yang unggul bagi bangsa ini salah satu literasi itu kan buat semua komunitas Kenapa kita adakan Facebook kita ingin menggandeng seluruh komunitas yang ada di kota Depok untuk hadir dalam kegiatan ini mengenalkan tentang pentingnya literasi mengenalkan tentang buku Bagaimana literasi ini penting bagi bangsa ini bagi masyarakat …ucapnya.  (Tony/NP)

Mungkin Anda Menyukai