Puluhan Orang Tua Siswa SDN Mekarjaya XI Depok Mengikuti Seminar Parenting.

Depok : Nuansapublik.Com

Sekolah Dasar Negeri 11 Mekarjaya Depok bekerja sama dengan Yayasan Harapan Karya Muda Indonesia ( HKMI) Kota Depok menggelar pendampingan psikososial kepada orang tua siswa SDN Mekarjaya 11 Depok Selasa 16/07/2024 Kegiatan yang berlangsung di SDN Mekarjaya 11 Depok.

Ibu Hj. Nana Marlina Kepala UPTD 11 Mekarjaya,  menjelaskan, psikososial yang dilakukan berupa seminar parenting tentang bagaimana cara orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Apalagi, anak-anak jenjang Sekolah Dasar (SD) sangat membutuhkan perhatian dan pendampingan.

“Kegiatan ini bermaksud memberikan edukasi mengenai pola asuh dan didik kepada orang tua, agar nantinya bisa menciptakan anak-anak yang berkualitas,” jelasnya.

Dikatakan kurang lebih sekitar 50 orang tua siswa mengikuti kegiatan tersebut. Parenting yang dipandu oleh Konselor HKMI ini diadakan agar individu dan keluarga semakin berbudaya dalam menghadapi berbagai masalah.

“Kami harap peran orang tua dan pendidik bisa saling bersinergi dalam perkembangan tumbuh kembang anak di rumah dan sekolah. Dengan begitu, anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak, aman dan sesuai prosedurnya,” tandasnya..

Selain itu,   pihak sekolah sangat menghargai kegiatan ini.

” Adalah kewajiban kami untuk mendidik mereka termasuk anak disabilitas yang dititipkan orang tua belajar di sini sebagai siswa inklusi. Bahkan kami juga nantinya diminta mengikuti pelatihan sebagai sekolah inklusi,” jelasnya.

Nana Marlina berharap adanya peran orang tua dan pendidik yang bisa saling bersinergi dalam perkembangan tumbuh kembang anak di rumah dan sekolah .
” Dengan begitu, anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak, aman dan sesuai prosedurnya. Karena standar penilaian untuk anak disabilitas tentunya akan berbeda dengan anak yang normal , disesuaikan dengan kondisi ketunaannya,” tambahnya.

Rombongan yang terdiri dari pengurus dan anggota HKMI serta anak anak disabilitas asuhannya ini diterima dengan ramah di SDN Mekarjaya 11. Tak sekedar mendengar pemaparan, anak anak disabilitas ini juga menyanyi dan bersalaman dengan semua siswa baru yang sedang MPLS tersebut

( Tony)

Mungkin Anda Menyukai