Beragam Kegiatan Meriahkan Hari Jadi Depok

Depok, nuansapublik.com – Peringatan Hari Jadi ke-20 Kota Depok yang jatuh pada tanggal 27 April 2019, akan dimeriahkan dengan beragam kegiatan. Mulai dari festival budaya, pameran, berbagai perlombaan, hingga acara sosial seperti donor darah.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-20 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan hari jadi kota Depok akan dimulai tanggal 20-28 April, dengan lokasi yang berbeda-beda.

“Tanggal 20 April ada lomba band antar pelajar SMA/SMK se-Kota Depok, lomba senam dengan musik tradisional di lapangan Balai Kota. Serta kegiatan gowes sejauh 20 km dengan lokasi dari situ ke situ yang melibatkan berbagai komunitas,” tutur Dadang.

Dadang Wihana, Ketua Panitia Peringatam Hari Jadi Kota Depok

Kemudian, lanjut Dadang, tanggal 22 April akan diadakan senam bocah yang melibatkan 2000 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan SD serta kegiatan donor darah dengan target sebanyak 220 pendonor. Kegiatan tersebut akan diadakan di lapangan Balai Kota Depok.

“Di tanggal tersebut juga ada kegiatan Kongko Milenial di Hotel Bumi Wiyata yang bertujuan untuk membangkitkan semangat generasi milenial untuk berkarya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ucap Dadang, tanggal 24-26 April akan diadakan lomba hias gapura antar kelurahan. Dengan hiasan daun kelapa dan ornamen-ornamen khas Depok di setiap RT dan RW.

Berikutnya, tanggal 25-27 Apri akan diadakan berbagai pameran yaitu pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pameran perikanan, dan pameran pendidikan di Balai Kota Depok. Dengan jumlah stan yang disediakan sekitar 200 unit.

“Tanggal 26 April diadakan kegiatan tapak tilas dengan melibatkan 20 orang yang akan menyusuri 11 kecamatan di Kota Depok, dengan membawa pataka merah putih dan Kota Depok,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk puncak acara peringatan Hari Jadi Kota Depok akan dilangsungkan pada tanggal 27 April. Diawali dengan upacara bendera, kemudian dilanjutkan dengan festival budaya dan mobil hias. Kegiatan tersebut terpusat di Lapangan Balai Kota Depok.

“Pada puncak acara Hari Jadi ini, Walikota Depok, Wakil Wali Kota Depok, dan Kepala PD juga akan mengunjungi bayi-bayi yang lahir di tanggal tersebut. Baik di RSUD, rumah sakit swasta, hingga Poned,” ujarnya.

Pada tanggal 28 April, kata Dadang, akan diadakan lomba lari yang melibatkan 2020 pelajar SD dan SMP di Kota Depok. Dengan rute Balai Kota sampai Simpang Juanda.

“Kemudian ada Depok Fashion Festival (DeFF) di Mal Pesona Square dan great sale 20 persen di pusat-pusat perbelanjaan. Serta Festival Cinangka di Kelurahan Cinangka,” ucapnya.

Mengenai DeFF, Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida mengatakan pelaksanaan festival tersebut direncanakan mulai tanggal 15-28 April di Mal Pesona Square, Jalan Juanda, Depok.

“Kegiatan ini akan berkolaborasi dengan beberapa dinas terkait yaitu Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM),”tuturnya baru-baru ini.

Bunda Elly, sapaannya, menjelaskan, dalam festival tersebut akan menampilkan berbagai produk kerajinan dari pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) kota Depok. Mulai dari batik, lukisan, dan hasil kerajinan lainnya.

“Melalui festival ini kita ingin mengangkat berbagai potensi yang dimiliki Kota Depok, sehingga bisa dikenal oleh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ucap Bunda Elly, pada puncak acara Depok Craft Festival yaitu tanggal 28 April akan diadakan peragaan busana Muslim dengan motif batik Depok. Peragaan busana ini akan menampilkan hasil karya dari desainer Kota Depok.

“Busana yang diperagakan nanti adalah hasil desain dari para pemenang lomba desain fashion busana Muslim dengan motif batik Depok. Untuk pendaftaran lombanya, sudah kita buka sejak tanggal 18-29 Maret 2019,” tandasnya. *RLS

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.