Longsor dan Banjir Melanda Perumahan Pondok Tirtamandala Sukamaju Depok.

DEPOK: Sukamaju Nuansapublik.com.Id. Hujan deras disertai angin yang mengguyur wilayah Sukamaju Depok dan sekitarnya mengakibatkan banjir setinggi selutut orang dewasa di kawasan perumahan Tirta Mandala, RW. 18 Sukamaju Kecamatan Cilodong, Sabtu 15/02/2020 sore.

Walikota Depok yang di dampingi Koramil Sukmajaya Kav. Inf. Suyono, Camat Cilodong Supomo, Sos. Serta Dinas yang terkait. Meninjau lokasi banjir dan longsor, akibat hujan deras menyebabkan Kali Jantung di sekitar perumahan meluap dan membanjiri puluhan rumah warga.

Longsor yang terjadi diduga karena debit air kali jantung yang kian meninggi sehingga menggerus material di bawah permukaan tanah, tembok / pondasi setiggi 20M. Yg berlokasi di RW 5 Sukamaju Cilodong tidak bisa menahan deras air kali jantung sehingga tembok / pondasi roboh dan menutupi kali jantung sehingga Air kali masuk. Ke perumahan setinggi 60 cm. dan mengakibatkan banjir tak tertahan.

Saat disinggung terkait penyebab banjir diperumahan, menurut keterangan warga bpk. Dadang, membenarkan, banjir luapan dari kali jantung itu sangat dikagetkan dikarenakan adanya tembok yang roboh, pondasi tembok yang tdk bisa menahan derasnya debit air.

Alih pungsi kali jantung, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Depok Gandara Budiana menjawab, “Kami belum bisa pastikan itu. Nanti ada tim yang menangani,” ucapnya.

Guna mencegah longsor susulan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Depok berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk memasang turap di tebing di sekitar perumahan tersebut.

Dalam penanggulangan banjir, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Depok membuat bendungan darurat seraya menunggu bantuan Dinas PUPR untuk memasang bronjong papar Gandara ucapnya.. (Tony yusep)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *