Kesbangpol. Kota Depok Kirim Utusan Bela Negara

Cibodas Rumpin Jawa Barat. Nuansapublik.com.Id Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Depok telah mengirimkan utusan dari unsur masyarakat untuk mengikuti Diklat Kader Bela Negara Gabungan Gelombang II Tahun Anggaran 2020, yang diselenggarakan oleh Badiklat Kemenhan RI di Pusdiklat Belanegara, yang beralamat di Desa Cibodas, Kec. Rumpin Kab. Bogor, Jawabarat
Kantor Kesbangpol Kota Depok Melalui seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan telah mengirimkan utusan perwakilan sebanyak sembilan orang peserta untuk mengikuti Diklat Kader Bela Negara Gabungan Gelombang ke II Tahun 2020. dilaksanakan di lokasi Pusdiklat Bela Negara dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 21 Februari 2020

Wibisono menyampaikan melalui whatsapp, menerangkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan peraturan menteri Pertahanan RI No.32 tahun 2016 tentang pedoman pembinaan kesadaran bela negara, Peraturan Menteri Dalam Negeri No 38 tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara di Daerah.
Selanjutnya mengacu keputusan Ka. Badiklat Kemenham No: Kep/592/X/2018, tentang katalog program pendidikan dan pelatihan Badiklat Kemenhan tahun 2019 dan Keputusan Ka. Badiklat Kemenhan No:Kep/873/XII/2019 tentang program kerja dan anggaran Pusdiklat Belanegara tahun 2020, Surat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Nomor B/2088/12/22/01/ROPEG, tanggal 19 November 2019, tentang Permintaan Calon Peserta Diklat Kader Bela Negara Gabungan Gelombang II T.A. 2020 serta Surat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Nomor B/351/12/23/12/ROPEG, tanggal 12 Februari 2020, tentang Pemanggilan Peserta Diklat Kader Bela Negara Gabungan Gelombang II. T.A. 2020.
Acara ini merupakan program kementerian Pertahanan (Kemhan) diselenggarakan dalam rangka mewujudkan program kerja utama pemerintah yaitu: pembangunan Sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan visi Indonesia” salah satunya mengadakan Diklat Kader Belanegara Gabungan Gelombang II yang di selenggarakan oleh Pusdiklat Bela negara Badiklat Kemhan.

Diklat dilaksanakan selama 5 (Lima hari) 17 s/d 21 February 2020, adapun peserta Diklat dalam satu angkatan berjumlah sebanyak lima puluh orang, diantaranya adalah 35 orang Pria dan 15 orang wanita.
peserta terdiri dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur acara di buka dan di tutup Oleh Brigjend Kartiko Wardani M.Tr
Untuk peningkatan sumber daya manusia maka bagi para peserta diberikan beberapa materi bidang studi dasar seperti Pengantar Bela Negara, Wawasan kebangsaan, Sistim Pertahanan Semesta, Sejarah perjuangan Bangsa, Kepemimpinan berwawasan Belanegara, Bahaya Narkoba dan Penanggulangan, Bahaya Terorisme dan radikalisme serta penanggulangan nya.
Adapun bidang studi inti antar lain nilai-nilai dsar bela negara yang meliputi, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideology negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta mempunyai kemampuan awal bela negara.
Keterampilan dasar bela negara yang diberikan pada Pusdiklat Bela negara seperti peraturan baris berbaris, peraturan penghormatan saat ditempat dan saat bergerak, kewaspadaan dini, caraka malam, dan apii semangat bela negara.
Selain dari pada itu diberikanpula pembekalan materi pendukung seperti muatan local, bimbingan dan pengasuhan yang selalu diberikan oleh para pelatih dilapangan selama sdalam masa pelatihan. Upacara pembukaan dan penutupan merupakan bagian daripada pengetahuan keprotokolan yang sebelumnya di latih dengan sebuitan gladi kotor dan gladi bersih.
Bagi para peserta diklat Kader Bela Negara setelah mengikuti diberikan brevet Bela Negara yang disematkan diatas saku kiri peserta sebagai bentuk penghargaan dari lembaga dan kehormatan serta kebanggaan bagi para peserta diklat.

Adapun para petugas dalam penyelenggaraan diklat kader bela negara tersebut antara lain Laksda TNI Benny Rijanto Rudy.S. M.B.A. Penanggung jawab yang kesehariannya adalah Ka. Badiklat, Brigjen TNI Kartiko Wardani.M.Tr(Han) selaku Ketua, dalam kesehariannya adalah sebagai Kapusdikdat Badiklat Kemenham, Kolonel Inf Ade Kurnianto – Sekretaris keseharian sebagai Kabid Opsdiklat Bela Negara Badiklat Kemenham., Kol Sus Drs Dendi Tuwidanterse.SH.M Si. – anggota, Ka. Bid Rendiklat Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Kol Inf S.Aldian F.S.E.- Anggota , Kabid Evkat Mutu Diklat Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan
Dengan memiliki lataran belakang dasar dan kemampuan awal Bela Negara diharapkan untuk mewujudkan kader bela negara yang berkarakter. ( Tony yusep).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *