Kolaborasi Pentahelix Dalam Upaya Mencegah Dan Mengakhiri HIV/AIDS di Kota Depok Peran Media Diperlukan.

BALAIKOTA, DEPOK- Nuasapublik.Com. 

Dalam rangka memperingati Hari AIDS  Sedunia (HAS) tahun 2021, Pemerintah Kota Depok melakukan Deklarasi Kolaborasi Pentahelix dalam upaya mencegah dan mengakhiri HIV/AIDS di Kota Depok.

Deklarasi Kolaborasi Pentahelix melibatkan Akademisi, pihak Swasta/Bisnis, Komunitas, Pemerintah Kota Depok, dan Media ditandai dengan penandatanganan bersama di Aula Teratai Balaikota Depok, Rabu (01/12/2021).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) mengatakan HIV/AIDS merupakan salah satu tantangan dalam dunia kesehatan termasuk di Kota Depok. Hingga September 2021 terdapat 1244 kasus HIV/AIDS di Kota Depok. Tercatat 112 orang diantaranya meninggal dunia.

“Kita prihatin dengan data tersebut, karenanya diperlukan upaya optimal untuk menekan kasus HIV/AIDS di Kota Depok,” kata IBH.

IBH mengatakan, untuk menekan jumlah kasus HIV/AIDS bukan hal yang mudah dan bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah semata. Karenanya dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak menjadi sebuah keniscayaan.

“Hari AIDS sedunia sejatinya menjadi momentum yang tepat bagi semua pihak untuk memberikan perhatian dan kontribusi nyata guna percepatan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS melalui tiga strategi. Yaitu Zero infeksi, Zero kematian Aids, dan Zero stigma & Diskriminasi. Jangan sampai kasus HIV/AIDS di Depok bertambah, paling tidak mengurangi infeksi karena kasus ini belum ada obatnya,” tuturnya.

IBH juga berpesan untuk mengurangi kasus HIV/AIDS dengan menghindari pergaulan bebas. “Jangan melakukan hubungan seks sembarangan agar tidak terjadi penularan AIDS baru, baik yang berasal dari Depok maupun luar Depok,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Deklarasi Kolaborasi Pentahelix, Sutrisna mengucapkan terima kasih kepada unsur Pentahelix dari Media yang berkenan hadir serta turut penandatanganan bersama dalam kegiatan Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun 2021 di Kota Depok, diantaranya Depok Pembaharuan, Radar Depok, Jurnal Depok dan Depok Today.

“Semoga kegiatan ini menjadi tonggak dan motivasi jalinan Kolaborasi Pentahelix, sehingga terwujudnya Three Zero tahun 2030 di Kota Depok, dimana peranan media sangat diharapkan dalam menginformasikan terkait HIV/AIDS,” tutupnya. ( TY)

Mungkin Anda Menyukai