Jamaah Majlis Taklim Balai Wartwan Kota Depok Wisata Religi Sambangi Ke M, Bah Dalem Batu Tulis Bogor.

BOGOR- Nuansapublik. Com.

Untuk yang pertama kalinya, MT. Balwan Kota Depok melakukan perjalanan Program Wisata Religi menyambangi Makam M’bah Dalem, Batu Tulis yang berada di Jalan Lawanggantung, Kelurahan Lawanggantung, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor Kota, Kamis (07/07/2022) malam.

Ketua MT. Balwan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengatakan, tujuan dari program wisata religi ini, selain mengunjungi makam Wali Allah dan melakukan doa, juga mengenal para tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa Barat.

“Selain membaca surat yaasin dan tahlil dan doa untuk para Wali Allah, makam M’bah Dalem ini menurut kuncen setempat merupakan tempat petilasan Prabu Siliwangi Raja dari kerajaan Pajajaran, yang mana M’bah Dalem merupakan penasehat dimasa kerajaan Pajajaran,” kata Adie Rakasiwi.

Adie mengatakan, Abah Cecep kuncen M’bah Dalem, ini merupakan keturunan generasi yang kesembilan bertutur, M’bah Dalem selain sebagai penasehat kerajaan, juga orang pertama yang mengajarkan agama Islam kepada Raden Kian Santang yang merupakan putra dari Prabu Siliwangi.

“Abah Cecep juga menuturkan, petilasan M’bah Dalem bukan hanya disini, ditempat lain juga banyak,  hanya yang disini merupakan petilasan M’bah Dalem yang terakhir,” ujar Adie yang disampaikan oleh Abah Cecep.

Abah Cecep sendiri juga mengatakan, bahwa Makam M’bah Dalem ini setiap harinya hingga malam selalu ramai dikunjungi para penziarah, bahkan banyak yang datang dari luar kota melakukan ziarah.

“M’bah Dalem adalah salah satu tokoh Islam yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat khususnya di Batu Tulis, Bogor,” tuturnya.

Sementara Penasehat MT. Balwan Kota Depok, Muryanto mengucapkan syukur alhamdulillah, program Wisata Religi yang pertama ini dapat terlaksana, meski belum semua pengurus dan jamaah MT. Balwan Kota Depok dapat mengikutinya.

“InshaAllah untuk wisata religi kedua, rekan-rekan jamaah MT. Balwan ada waktu untuk bisa ikut. Selain itu, wisata religi juga menambah silaturahim diantara pengurus dan jamaah MT. Balwan Kota Depok,” ungkap Muryanto salah satu wartawan senior di Depok.

Dirinya menambahkan, berziarah ke makam para ulama dan wali-wali Allah disamping akan mendatangkan keberkahan bagi para peziarah juga menyadarkan akan kealiman dan kesolehan orang yang berada di dalam kubur.

“Begitu mulianya para wali Allah, bahkan sampai dalam keadaan wafatnya pun bisa mengajak banyak orang untuk berdzikir mengingat Allah dan bershalawat kepada Rasulullah SAW,” tutupnya. (TY)

Mungkin Anda Menyukai