Depok KPU : Sebanyak 9 (sembilan) Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Mengikuti Tahapan Verifikasi Faktual

DEPOK- Nuansapublik.com.

Sebanyak 9 (sembilan) Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 mengikuti tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengetahui, perlu diketahui bahwa setelah selesai menuntaskan kegiatan tahapan verifikasi administrasi beberapa waktu yang lalu, maka kami melangkah untuk melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual.

“Verifikasi faktual yang kami laksanakan terdiri dari kepengurusan dan keanggotaan. Kegiatan ini telah dimulai tanggal 15-16 Oktober di tingkat pusat dan untuk di Kota Depok hari ini kami mulai dengan apel kesiapan pelaksanaan verfak yang akan berlangsung sampai dengan 4 November 2024 yang akan datang,” kata Nana Shobarna, Senin (17/10/2022).

Nana mengatakan, kegiatan verifikasi faktual yang dilakukan ini sama halnya seperti verifikasi administrasi beberapa waktu lalu, yaitu dalam rangka melaksanakan tugas yang didelegasikan oleh KPU RI kepada kami.

“Verfak yang dilakukan ini adalah untuk memastikan kesesuaian data yang diberikan atau yang sudah diinput di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan kondisi faktualnya di lapangan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, adapun 9 (sembilan) partai politik yang semuanya hari ini kami lakukan verifikasi faktualnya yaitu :
1. Partai Bulan Bintang
2. Partai Buruh
3. Partai Garda Perubahan Indonesia
4. Partai Gelombang Rakyat Indonesia
5. Partai Hati Nurani Rakyat
6. Partai Kebangkitan Nusantara
7. Partai Persatuan Indonesia
8. Partai Solidaritas Indonesia
9. Partai Ummat

“Adapun dalam kegiatan verifikasi faktual ini kami mengerahkan seluruh pegawai kami untuk menjadi petugas verifikator termasuk kami para komisioner. Hari ini kami tuntaskan untuk menyambangi seluruh kantor 9 partai politik tersebut diatas dan juga esok hari door to door petugas verifikator kami akan mendatangi anggota partai politik yang sudah ditentukan sebelumnya secara sampling, dengan datang kerumahnya masing-masing untuk memastikan yang bersangkutan betul-betul anggota parpol tersebut atau bukan,” paparnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan hal itu dalam kesempatan ini kami mohon kepada masyarakat terutamanya adalah pengurus wilayah para Ketua RT/RW jika menjumpai petugas verifikator kami yang mungkin tersesat atau menanyakan alamat mohon bisa dibantu dan dilayani secara baik.

“Kami juga mohon dukungan dan bantuan seluruh masyarakat dan stakeholder tanpa terkecuali serta berharap dan mohon do’anya dari semua semoga kegiatan verfak ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya…(Tony)

Mungkin Anda Menyukai