Depok Jadikan Kawasan 100 Persen Bebas ODF.

Depok Nuansapublik.Com –

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyambut baik terlaksananya verifikasi lapangan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) oleh Tim Verifikator ODF Provinsi Jabar, Selasa (01/11/2022).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, seluruh stakeholder di Kota Depok berkomitmen untuk meningkatkan pencapaian ODF 100 persen, salah satunya dengan melakukan deklarasi setiap kelurahan di Kota Depok.

“Total 63 kelurahan sudah deklarasi ODF, artinya sudah tidak ada warga yang buang air besar sembarangan, maka saat ini direchecking oleh tim penilai dari Provinsi Jawa Barat,” kata Idris.

Idris menuturkan, pihaknya masih terus menjalankan bantuan septic tank bagi masyarakat Depok yang membutuhkan, baik melalui Perangkat Dinas terkait maupun Corporate Social Responsibility atau CSR.

Tim Verifikator ODF Provinsi Jabar, masuk
Ke wilayah Kelurahan Sukamaju di bagi menjadi dua, Tim 1 RW. 09 Tim 2 RW. 20. Kelurahan Sukamaju Depok yang sudah dinyatakan sebagai wilayah Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan. Terkait dengan hal itu,
Nampak juga yang hadir di Lokasi Ketua FKDS Bunda Elly Farida, Camat Cilodong, Bambang Eko, Lurah Sukamaju M Yanih, Kepala Puskesmas Filla Pertiwi Drg. Marsina, Ketua FKKS Cilodong Tajudin, Pokja Sehat Kelurahan H. Dadang, TP. PKK. Kelurahan.

Tim Perivikator secara acak blusukan ke rumah- rumah menayakan ke warga tentang BAB yang ada di Wilayah Kelurahan Sukamaju,

“Kelurahan Sukamaju ini diharapkan dapat memotivasi , agar Depok 100 persen ODF dapat tercapai,”

Menurut lurah Sukamaju, M.Yanih mengatakan, kampanye dan program terkait sanitasi bersih terus diupayakan oleh Pemkot Depok, karena itu merupakan amanat dari Pemerintah Pusat. Wali Kota juga berpesan bahwa program ini merupakan program kebersamaan dan menjadi tanggung jawab semua pihak, sehingga diharapkan masyarakat juga bisa berpartisipasi secara positif. “Partisipasi masyarakat dibutuhkan sebagai bentuk implementasi kota cerdas, di mana masyarakat juga terlibat dalam pembangunan kota untuk mencapai Depok Sehat dan Berbudaya ” katanya.

Sementara itu,
Tim Verifikator ODF Provinsi Jabar, mengatakan, kesannya, kepada wartawan, pihak nya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Khusus untuk Depok, wilayah yang sudah ODF, hal tersebut merupakan capaian yang baik dalam Mementaskan seratus persen Depok bebas ODF.. ( Tony)

Mungkin Anda Menyukai