Majelis Taklim (MT) Balai Wartawan (Balwan) Kota Depok Sambangi Rutan Depok.

CILODONG, DEPOK- Nuansapublik.com.

Untuk lebih mempererat jalinan silaturahim, Majelis Taklim (MT) Balai Wartawan (Balwan) Kota Depok kembali melakukan audensi dan silaturahmi, kali ini dengan menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok yang diterima langsung oleh Karutan Andi Gunawan, Selasa (14/02/2023).

Ketua MT. Balwan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengatakan, tujuan dari audensi dan silaturahmi ini, selain memperkenalkan keberadaan MT. Balwan Kota Depok yang notabene pengurus dan jamaahnya adalah awak media (wartawan) dari berbagai organisasi dan komunitas wartawan yang ada di Depok, juga membeberkan tujuh program MT. Balwan Kota Depok, salah satunya Roadshow Pengajian.

“Alhamdulillah, kami para pengurus diterima langsung dengan Karutan Kelas I Depok, Bapak Andi Gunawan dan staf lainnya,” kata Adie Rakasiwi yang didampingi para pengurus, penasehat dan divisi.

Adie juga mengundang Karutan untuk dapat bisa menghadiri kegiatan Pengajian Bulanan MT. Balwan kota Depok pada Kamis, 23 Januari 2023. Selain itu, lanjut Adie, dibentuknya pengajian bulanan MT. Balwan Kota Depok ini, selain menimba ilmu agama dan mencari barokah, tentunya lebih mempererat jalinan silaturahmi antar wartawan yang ada di kota Depok.

“Saat kita kumpul duduk mengaji bersama, fokus pada pengajian. Jadi gak ada hal lain yang dibahas atau dipertanyakan, selain pengajian dengan tema yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Sementara Karutan Kelas I Depok, Andi Gunawan menyambut gembira atas kedatangan para wartawan yang tergabung di MT. Balwan Kota Depok. Dirinya mengungkapkan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) adalah pekerjaan rumah sehari-hari yang tidak ada habis-habisnya atau selesai, karena keseharian menghadapi permasalahan yang ada. Kalau di Rutan gak ada masalah, malah merasa aneh dan khawatir.

“Rasanya seperti mimpi di siang bolong kalau Rutan jauh dari masalah. Dari 1000 penghuni yang ada saat ini pastinya ada permasalahan, seperti ada yang ribut, sakit, atau ngeluh dan lain-lain, nah disitulah permasalahan yang harus diselasaikan, ada kerja namanya dari para petugas,” papar Andi.

Dikatakan Andi, pihak Rutan pun menyediakan gratis komunikasi bagi para tahanan untuk menggunakan wartel untuk berhubungan dengan pihak keluarga, namun tetap ada pembatasan, wartel dapat digunakan hanya dari pukul 07.00 – 10.00.wib.

“Pihak Rutan bukan hanya menyediakan wartel gratis, namun juga para tahanan mengikuti program kegiatan seperti, program kepribadian, kemandirian, yang buta aksara yah ikut kelas sekolah, hidup sehat dengan melakukan olahraga dan ada juga rekreasi, dan diharapkan agar ketika keluar nanti sudah bisa menentukan sikap untuk tidak mengulangi,” ungkapnya.

Dirinya juga mengundang MT. Balwan Kota Depok secara khusus untuk menghadiri kegiatan acara Isra Miraj dalam waktu dekat ini akan dilaksanakn pihak Rutan Kelas I Depok.

“Nyambung jadinya yah dengan program Roadshow MT. Balwan Kota Depok. Kami mengundang seluruh pengurus dan jamaah untuk hadir nanti diacara peringatan Isra Miraj,” pungkasnya.

Kegiatan audensi dan silaturahmi MT. Balwan Kota Depok menyambangi Rutan Kelas I Depok diakhiri dengan seson foto bersama. Karutan juga memberikan buah tangan berupa Kopi Krabu (KReasi Anak BUi). (TY/AR

Mungkin Anda Menyukai