KPKD Diharapkan Mampu Menjawab Keresahan Insan Pers Kota Depok

DEPOK,  Nuansapublik. Com.

– Sejumlah Pengurus organisasi wartawan dan Komunitas wartawan di Kota Depok bersepakat membentuk Komite Pers Kota Depok (KPKD) Rabu malam (15/5/2024) di Sekretariat FORWARD Jalan STM Mandiri No. 161, Panmas Kota Depok.

Terbentuknya KPKD melalui serangkaian diskusi panjang sejumlah pengurus organisasi dan komunitas wartawan tentang harapan, langkah2 konkrit menjawab keresahan yang sama para insan pers di Depok terhadap pemkot Depok. Jadi tidak “ujug-ujug” dan bukan kemauan segelintir orang.

Bermula saat Forum Wartawan Depok (FORWARD) menggelar buka bersama sekaligus peresmian Sekretariat baru di Jl. STM Mandiri No. 161 Margonda, Kota Depok, Rabu (03/04/2024).

Kala itu, beberapa wartawan senior di kota Depok yang hadir menggagas agar FORWARD menginisiasi forum kebersamaan lintas organisasi dan komunitas wartawan yang ada di kota Depok dalam kemasan diskusi santai.

Kemudian, sebagai tundak lanjut, FORWARD pada Jumat malam (19/4/2024) menggelar halal bihalal sekaligus diskusi santai.
Suasana keakraban batiniah sesama Pengurus organisasi dan/atau komunitas wartawan kota Depok begitu terasa.

Ternyata, generasi old dan generasi young memiliki keresahan yang sama terhadap pemkot. Mereka berbaur dalam ide, gagasan, harapan pada diskusi yang berlangsung sekira dua jam itu.

Mereka yang hadir berdiskusi adalah Ketua PWOIN kota Depok Benny Gerungan, Ketua Majelis Pers Depok (MPD) Muyanto A Murod, Ketua SWI kota Depok Dindin Syarifuddin, Koordinator Balai Wartawan (Balwan) Depok Martchel Kelmanutu, Ketua Majelis Taklim Balwan Adi Rakasiwi.

Kemudian, Perwakilan Komunitas Jurnalis Depok (KJD) Arif BP, Penasehat FORWARD Anton Pulung, Ketua FORWARD Tuhari / Arek, Sekretaris FORWARD Torben Rando Oroh, Pembina SWI Kota Depok Herry Budiman.

“Tentunya acara ini untuk pererat rajutan tali silaturahim diantara kita sesama Ketua-Ketua Organisasi dan Komunitas wartawan di Depok. Dan ini merupakan tindak lanjut atas usulan teman-teman sewaktu acara peresmian Sekretariat FORWARD dan buka puasa bersama di Ramadhan lalu.” ujar Ketua FORWARD Tuhari Arek.

Komitmen kebersamaan pun berlanjut dengan digelarnya diskusi kedua pada Rabu malam (15/5/2024). Tidak hanya soal gagasan, harapan dan implementasi, namun lebih kepada soal keadministarsian forum.

Menjawab tanya perlu kah nama untuk forum ini agar secara administrasi ada komandonya dan menandatangani surat2. Melalui perdebatan panjang akhirnya disepakati perlunya nama forum dan forum ini tidak berbadan hukum. Disepakatilah sebuah nama yaitu Komite Pers Kota Depok (KPKD) dengan Koordinator Tuhari Arek untuk masa jabatan satu tahun.

Mereka yang bersepakat malam itu, Ketua PWOIN kota Depok Benny Gerungan, Ketua Majelis Pers Depok (MPD) Muryanto A Murrod, Ketua SWI kota Depok Dindin Syarifuddin beserta Sekretaris Riki, Ketua Mitra Pers Depok (MPD) Joko Warihnyo.

Lalu, Ketua AWAN Andre Tambunan, Ketua FORWARD Tuhari Arek beserta Sekretaris Torben Rando Oroh, dan Tony Yusep, Irvan Lubis, Sigit, Herry Budiman, Anggi serta Yuni.

“KPKD membuka ruang selebar-lebarnya bagi teman-teman pengurus organisasi dan komunitas wartawan di kota Depok untuk berkomitmen bersama menjawab keresahan insan pers kota Depok. KPKD solid!” tandas Tuhari Arek.

Selamat atas Terbentuknya Komite Pers Kota Depok (KPKD)….

Mungkin Anda Menyukai