Ketua JPKP Nasional (JPKPN) Kota Depok Geraam…Anggaran Miliaran Ke Setu Bahar Di Kelurahan Sukamaju Terkontaminasi Air Limbah Dari Pabrik Ikan Pada Mati.

DEPOK  Cilodong. Nuansapublik.Com

 

– Ketua  Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Nasional – JPKPN  DPC.  Kota Depok Muhamad Antonius,  Geram melihat Situ bahar yang berlokasi di Kelurahan Sukamaju Cilodong Depok Yang di anggarkan Mliaran oleh Provinsi DKI ,  terkontaminasi Air limbah beracun , nampak  Ikan-ikan yang pada mati,  aroma air nya bau menyengat berwarna hitam pekat serta sampah yang menumpuk pada saluran air masuk ke Situ Bahar, tentunya ini semua ada penyebabnya, kamis 13/06/2024.

Dengan adanya informasi  dari warga sekitar, bahwa Air Setu Bahar, terkontaminasi  air limbah yang di duga dari  Perusahaan pabrik texil & Lem  wilayah Kelurahan Pabuaran Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Menurutnya,   memang betul kami merasakan dan melihat nya,  Air Berwarna Hitam,  Bau menyengat, dan Ikan sepat & Mujair pada mati,  kemungkinan Air tersebut bercampur dengan air limbah beracun sehingga ikan mujair dan nila juga pada mati kemungkinan terkontaminasi Air limbah, terkait limbah ini kami akan mengklarifikasi sekaligus sudah kami ambil sampel air yang dari Situ Bahar untuk di uji di laboratorium..ucapnya.

Jika nanti hasil temuan kami ini benar melalui laboratorium berasal dari Perusahaan tersebut maka kami akan ambil tindakan terutama akan melampirkan surat dan ditujukan Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok dan juga akan ke Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok,

Serta pihak perusahaan terkait untuk mengklarifikasinya mempertanyakan dari perusahaan tersebut Apakah ini limbah yang dibawa melalui aliran sungai kali jantung ..

Dengan ada pembuangan air ke  setu bahar banyak yang di rugikan, mulai dari  pemancing dan penjaring ikan mereka tak bisa lagi.

berharap dari pihak Dinas terkait,  agar segera mempertanyakan ke perusahaan tersebut sehingga air kali jantung  tidak tercemari limbah,  semoga setu bahar  agar ekosistem yang ada di situ bahar ini bisa hidup dan berkembang biak sehingga bisa dapat di rasakan oleh setiap masyarakat tak hanya itu ada juga penggunaannya pagi kegiatan jogging track, dan lain-lain sebagainya warga  bisa dipergunakan dengan baik , kami berharap ke depannya setu inib bisa menjadi  obyek wisata lokal,  mengenai sampah-sampah yang ada di sini kami berharap selalu termonitor  pihak terkait ucap nya.. ( TN)

Mungkin Anda Menyukai