Laporan Reses Masa Sidang 1 Tahun 2021 Fraksi PDI Perjuangan.

Depok; NuansaPublik. Com.

Humas DPRD KOTA DEPOK melaksanakan Rapat Paripurna penyampaian Laporan Reses Masa Sidang I Tahun Sidang 2021, Sidang Rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kota Depok melalui tatap muka maupun virtual dalam laporan hasil Reses masa sidang Pertama tahun 2021 Fraksi PDI Perjuangan, menyampaikan beberapa masukan penting dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Depok. Selasa (16/02).
Fraksi PDI Perjuangan melaporkan 10 anggota fraksi melaksanakan kegiatan selama 3 tiga hari sejak tanggal 3 s/d 5 Februari 2021 (selama 3 tiga hari) . Masa Reses adalah kegiatan Anggota Dewan di luar masa sidang untuk menyerap aspirasi masyarakat yang bersifat terbuka, serta undangan terbatas dan tetap menjaga protokol kesehatan dimasa pandemi.

Anggota Dewan adalah representasi masyarakat pada daerah pemilihannya. Oleh karena itu aspirasi-aspirasi masyarakat dapat disalurkan dengan baik. Kegiatan reses bertujuan, mendengar langsung,menyerap aspirasi dari masyarakat tentang apa yang menjadi persoalan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat di tengah wabah Pandemi Covid 19.
Sesuai Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing dalam rangka untuk meningkatkan fungsi dan peran Anggota DPRD Kota Depok kepada konsituennya serta masyarakat Kota Depok umumnya. Dalam penyampaian laporan hasil kegiatan Reses ini, kami Fraksi PDI Perjuangan menyerap hasil aspirasi masyarakat, mengemukakan beberapa permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat, baik di sektor pembangunan fisik maupun non fisik yang meliputi bidang Pemerintahan, Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, serta Ekonomi. Hasil penjaringan aspirasi masyarakat ini wajib ditindaklanjuti sebagai perencanaan program dan kegiatan pemerintah kota.

IKRAVANI HILMAN, S.IP.KETUA FRAKSI PDI PERJUANGAN
Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, dan Peraturan DPRD Kota Depok Nomor 1 Tahun 2018 tentang Peraturan Tata Tertib DPRD, pada pasal 111 ayat 4 disebutkan bahwa Anggota DPRD Wajib Melaporkan hasil pelaksanaan Reses Kepada Pimpinan DPRD ;
• Jadwal Waktu dan tempat kegiatan Reses
• Tanggapan, Aspirasi dan Pengaduan dari Masyarakat
• Dokumentasi Peserta dan Kegiatan Pendukung Hal tersebut diatas harus dilakukan karena bagi Anggota DPRD yang tidak menyampaikan Laporan Sebagaimana tersebut di atas tidak dapat melaksanakan Reses berikutnya. Dalam Sidang Paripurna Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan laporan mengenai tanggapan, aspirasi dan pengaduan dari masyarakat.

Bidang Pemerintahan
1. Pemerintah Kota Depok harus segera memperbaiki data warga miskinnya. Baik yang menerima PKH, penerima bantuan non tunai dan warga miskin yang belum menerima bantuan apa-apa, karena terbukti dilapangan banyak yang tampak seperti salah sasaran sehingga menimbulkan kecemburuan sosial. Termasuk Masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan KIS dan KIP tetap sulit mendapatkannya.
2. Diharapkan Pemerintah Kota Depok ada perhatian dan bantuan secara adil dalam situasi pembatasan aktivitas namun belum tersentuh dari Pemerintah Kota Depok.
3. Bantuan sosial akibat wabah Covid 19 dari Pemerintah terlalu lama turun ke warga.
4. Bantuan sosial yang tidak terealisasi dengan baik dan tidak tepat sasaran, sehingga dibutuhkan koordinasi dengan pihak Ketua Lingkungan setempat.
5. Masyarakat masih kesulitan mengadukan keluhan Covid 19 kepada Pemerintah Kota Depok dan Satgas Covid kurang responsif terhadap aduan.
Bidang Infrastuktur
1. Dinas DLHK agar memperhatikan sampah-sampah yang masih dibuang sembarang tempat, dengan melakukan koordinasi bersama dengan pengurus RT dan RW, sehingga solusi sampah pelan-pelan bisa diatasi dari lingkungan terkecil. Permasalahan ini sudah disampaikan ke Dinas terkait, tetapi dinas terkait belum ada yang meninjau lokasi.
2. Meskipun dalam kondisi pandemik seperti saat ini, Dinas PUPR tetap memperhatikan titik-titik banjir yang harus diatasi dan tetap memperhatikkan jalan-jalan dan saluran-saluran air yang harus diperbaiki dan dibangun, agar kerusakan tidak semakin parah. Sehingga selesai pandemic pembangunan dapat langsung dikerjakan, apalagi musim hujan harus tanggap bencana longsor, dan banjir disetiap wilayah.
Bidang Pendidikan
1. Karena dampak ekonomi akibat wabah Covid 19, para orang tua murid meminta diberikan keringanan untuk biaya-biaya pendidikan terutama disekolah-sekolah swasta.
2. Sukseskan Program Wajib Belajar 12 tahun dengan salah satunya, jangan ada lagi ijazah yang tertahan terutama disekolah-sekolah swasta (karena orangtua murid belum melunasi biaya-biaya pendidikan disekolah tersebut).
3. Diharapkan penambahan pembangunan-pembangunan SMP Negri diwilayah Kota Depok yang padat penduduk, khususnya di Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Cimanggis.
Bidang Kesehatan
1. Diadakannya penyemprotan disinfektan untuk warga masyarakat.
2. Gugus Covid diminta memberi bantuan kepada warga yang sedang isolasi mandiri baik berupa sembako maupun bantua vitamin.
3. Disediakannya ambulance khusus pasien Covid-19 disetiap kelurahan, bukan ambulance siaga.
4. Diadakannya Tes Swab Covid-19 secara gratis.
5. Agar dipermudah ketika pasien sakit menggunakan Bansos.
6. Sosialisasi untuk warga yang belum memiliki BPJS atau KIS supaya tidak dipersulit untuk pengurusannya.
7. Peningkatan pelayanan untuk pasien yang menggunakan BPJS atau KIS.
8. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dan tenaga medis.
Bidang Ekonomi
1. Pemerintah Kota Depok agar memberikan peluang usaha bagi masyarakat agar dapat meingkatkan pendapatan perekonomian bagi masyarakat Kota Depok
2. Kedepannya harus diberdayakan UMKM yang berasal dari warga, apalagi angka pengangguran semakin bertambah.
3. Pemerintah harus memikirkan para pekerja yang terkena PHK karena pandemik Covid 19 ini.
4. Akibat covid banyak warga yang work from home ataupun yang dirumahkan, pemerintah kota agar membantu pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bibit tanaman, benih ikan atau pelatihan-pelatihan bahkan modal umkm untuk perekonomian masyarakat agar tetap stabil.
Diharapkan dinas terkait merespon dan menyiapkan kebutuhan tersebut.
Demikian pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan terkait dengan Laporan Hasil Reses Masa Sidang Pertama Tahun Sidang 2021. Semoga apa yang menjadi catatan-catatan kami, dapat disampaikan dan dapat ditindak lanjuti serta dibahas secara komprehensif demi kepentingan masyarakat Kota Depok.
Kami Fraksi PDI Perjuangan juga terus menghimbau untuk kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, dengan melaksanakan 5M, yakni Mengenakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan atau menggunakan hansanitiszer, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas…( TY)

Mungkin Anda Menyukai