Pokja Kelurahan Sehat Sukamaju Dorong Warga Aktif Ikut Program Bank Sampah

 

Nuansapublik.Com. : Depok Sukamaju

Pokja Kelurahan  Sehat Sukamaju Kecamatan Cilodong Kota Depok  mendorong warga ikut mengelola dan mendapatkan manfaat ekonomi dari sampah dengan berpartisipasi dalam program bank sampah.

Bank sampah adalah model pengelolaan sampah secara kolektif yang mencakup kegiatan pemilahan, daur ulang, dan pengolahan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari sampah.

Selain itu bahwa program bank sampah memungkinkan pengelolaan sampah dilakukan mulai dari rumah tangga.

“Sampah organik dapat dipilah menjadi pupuk dan (sampah) non-organik didaur ulang menjadi barang yang memiliki nilai guna,”  lokasi Bank Sampah RW. 13 Kelurahan Sukamaju, pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga serta lingkungan warga akan mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA)

Sementara Penanggung jawab tempat pebuangan sampah sementara (TPS). di RW.  13 Sukamaju, Wiyono Budi Satrio di tugaskan membenahi TPS dengan baik tanpa bau dan mekanisme pembuangan sampah.

Menurut keterangan Budi, Sabtu 18/12/2021 kita sudah ber koordinasi dengan DKLH, teknis pembuangan sampah berikutnya driver pengangkut sampah serta pengepul sampah dari rumah warga mengangkat sampah yang ada di lokasi makanya kita berkomitment mendukung program Depok,  akan tampak arahnya ke sana menjadi hunian yang nyaman, untuk dihuni di kawasan yang dekat sampah itu tidak terganggu, dengan adanya sampah yang ada di TPS ini, misinya adalah untuk membuat suasana lingkungan TPS menjadi nyaman bagi penghuninya yang dulu kumuh, bercek dan bau saat sini berbeda, kegiatan ini melibatkan dari lingkungan kita sepakat untuk memperbaiki maka kami bersinergi membicarakan bagaimana ini bisa menjadi bagus maka kita libatkan seluruh RT / RW. paparnya.

Sementara, Ketua Pokja Kelurahan Sehat H. Dadang Syaiful Rahman  mengatakan,  sangat berterima kasih di lingkungan RW. 13 sudah bisa pengolah sampah dengan baik harapanya  masing-masing komponen yang bertanggung jawab dalam kebersihan lingkungan buatkan sampah secara permanen dan bekerjasama dengan pihak terkait lainnya tentang lingkungan karena tanpa ada kebersamaan kita tidak akan bisa, dan alhamdulilah kini sudah nampak berbeda bisa di lihat dan saat ini sdng dalam penataan….( TY)

Mungkin Anda Menyukai