Sukamaju : Penilaian Lomba Kelurahan Layak Anak. Kolaborasi dan Pengembangan Aplikasi Siap Maju Pendataan Untuk Anak Berbasis Digital

Cilodong :NuansaPublik.Com.

Sukamaju : Penilaian Lomba Inovasi Kelurahan Layak Anak. Kolaborasi dan Pengembangan

– Kota Layak Anak (KLA) Kelurahan Sukamaju Cilodong di ikut sertakan lomba Tertib Administrasi, ada lima kluster yang ada,  intinya ada koordinasi dan kolaborasi juga pengembangan kota layak anak

acara penilaian ini yang digelar di Yayasan Griya Kemandirian Masyarakat RW. 03 Kelurahan Sukamaju Kota Depok Rabu 11 Oktober 2023.
Nampak kegiatan ini dihadiri oleh Camat Cilodong Bambang Eko Sukmono, Lurah Sukamaju Indra Cahyadi, tim dari penilai DP3AP2KB Kota Depok, Ketua Gugus Tugas Kelurahan KLA, Tengku Abdul Hadi, Ketua LPM kusumawan, Drg.Masrina Pasaribu kepala UPTD Puskesmas Villa Pertiwi Babinsa Binmas, Ketua RW. Nurhasan serta Parakader Ibu TP. PKK kelurahan dan Rw.

Sementara itu dari analisis kebijakan KLA salah satu juru penilai menyatakan bahwa penilaian terkait kinerja gugus tugas layak anak yang merupakan kebijakan dari stakeholder yang ada di wilayahnya penilaian ini ada 5 klaster.

Saat ini mengevaluasi KLA sudah memasuki tahap penilaian dilapangan yang dilakukan bersama tim penilai dan akan diakhiri proses verifikasi.

Penyelenggaraan KLA merupakan implementasi atas Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir melalui UU Nomor 17 Tahun 2016, serta menjalankan komitmen Pemerintah.

Khusus pada tahapan evaluasi KLA ini telah ditetapkan peraturan yang mengatur teknis penyelenggaraan evaluasi KLA, yakni melalui Keputusan Menteri PPPA Nomor 21 Tahun 2023 tentang Instrumen evaluasi KLA Tingkat Kabupaten/Kota

Selain itu ada beberapa
Inovasi dari Kluster KLA Kelurahan Sukamaju :

1. Aplikasi siap maju
Pendataan untuk anak berbasis digital
2. Mas Adan Nyaman Nak.
Masdjid Aman Dan nyaman utk Anak
3. Catin dulu baru ke KUA
4. Ngobar ( Ngobrol Bareng) Anak ke sekolah-sekolah, SD/SMA, & Deteksi Warga, guna penekanan ada tawuran, buylling, pencegahan aksi, dan wawasan kebangsaan,

Kelurahan Sukamaju tinggal menunggu pengumuman juara di tingkat kota berharap, berbagai upaya yang sudah dilakukan bisa menghantarkan wilayahnya mengukir prestasi pada lomba tersebut …( TY)

Mungkin Anda Menyukai