MT. Balai Wartawan Gelar Acara Isra Miraj Hadirkam Pencermah KH. Jaka Tingkir

PANMAS, DEPOK Nuansapublik. Com.

Peringatan Isra  Miraj yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim (MT) Balai Wartawan (Balwan) Kota Depok berlangsung meriah dihadiri ratusan jamaah. Seluruh jamaah antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang berjalan dengan lancar. Sebagai penceramah menghadirkan KH. Jaka Tingkir yang dalam penampilannya diatas panggung membawa suasana  hidup dan penuh khusyuk. Dalam menyampaikan materinya, KH. Jaka Tingkir dengan bahasa yang sederhana dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari ini sering kali mengundang gelak tawa.

“Dari peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW mendapat perintah salat dari Allah SWT, yang tadinya 50 rakaat hingga menjadi 5 rakaat yang diwajibkan sampai hari ini. Banyak hikmah yang bisa diambil dari Isra Miraj dan perintah Salat,” kata KH. Jaka Tingkir yang saat hadir ke acara didampingi oleh isterinya. Gedung Balai Rakyat, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Selasa (27/02/2024).

Menurutnya, salah satu peristiwa dari Isra Miraj Nabi Muhammad juga mengunjungi tempat bersejarah. Untuk itu, sebagai umatnya bisa meneladani dengan cara berziarah atau berkunjung tempat bersejarah. Dia menambahkan, dalam menerima perintah salat merupakan sebuah ketaatan yang harus dijalankan. Bahkan, lanjutnya, kalau salatnya baik maka orang tersebut juga baik karena menjaga tutur katanya, agar tidak ghibah, menghina, mencela, fitnah dan lainnya. Begitu juga agar menjaga hatinya dari rasa iri, dengki, ujub,  riya’ dan lainnya.

“Sebab, amal ibadah yang pertama kali dihisab adalah Salat, kalau Salatnya baik maka baiklah amal ibadahnya. Untuk itu, mari kita perbaiki Salat kita karena tidak tahu kapan datangnya kematian tanpa mengenal status dan identitas. Dengan Salat akan menyelamatkan diri dari dunia dan akhirat,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Umum MUI Kota Depok, KH. Dr. Dimiyathi Badruzzaman juga menyebutkan tentang hikmah dalam Salat. Menurutnya, dalam menjalankan Salat juga membaca ayat suci Al-Quran yang mengharuskan bacaan makhroj dan tajwidnya dengan benar. Untuk itu, mempelajari Al-Quran harus terus dilakukan karena tidak hanya membaca saja. Tapi juga, banyak ilmu Al-Quran seperti: tafsir, Ulumul Quran, Asbabun Nuzul, Nasakh Mansukh dan lainnya.

“Ingat, terus pelajari Al-Quran dan jangan pernah berhenti. Ajari anak-anak kita belajar Al-Quran sejak dini agar mendapatkan manfaat kelak,” paparnya.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Depok Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan H. Wijayanto yang mengapresiasi MT. Balwan Kota Depok sebagai penyelenggara acara. Menurutnya, peran wartawan sangat strategis dalam pembangunan Pemerintah Kota Depok.

“Kita mengapresiasi acara ini dalam rangka Isra Miraj sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Semoga kita mendapatkan hikmah sekaligus sampai di bulan suci ramadhan,” harapnya.

Sedangkan MT. Balai Wartawan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengapresiasi dan salut atas kinerja kepanitiaan yang solid, pasalnya dengan waktu yang sangat singkat, kepanitiaan dapat melaksanakan kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Santunan Anak Yatim, Janda dan Dhuafa.

“Alhamdulillah, meski dengan waktu yang singkat, namun kepanitian dapat semaksimal mungkin kegiatan berjalan sukses dengan menghadirkan kiai kondang KH. Jaka Tingkir. Kegiatan ini pun menjadi salah satu memperkenalkan MT. Balai Wartawan Kota Depok kepada masyarakat Depok, bahwa wartawan di Depok juga mempunyai pengajian Majelis Taklim,” pungkasnya.

Dalam peringatan Isra Miraj tersebut juga diisi dengan pembacaan rawi dan penampilan Tim Marawis Darut Taqwa Kp.Lio Depok, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ketua MUI Kecamatan Beji, KH. Hafiduddin, penampilan lagu Religi oleh Istri Wartawan dan Santunan Anak Tatim, Dhuafa serta Janda. Nampak hadir Kapolsek Pancoran Mas, Danramil/01 Pancoran Mas, DMI Beji,  Tokoh Agama dan Masyarakat Kota Depok. (..

Mungkin Anda Menyukai