Tasyakuran Hari Koperasi Ke-77 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024, Dekopinda Depok Turut Menghadiri.

Bandung Nuansapublik.Com.

– Sebagai puncak dari seluruh rangkaian acara, Gerakan Koperasi bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tingkat Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Tasyakuran Hari Koperasi Ke-77 Tahun 2024 di Kota Bandung. Rabu 31/07/2024..

Acara yang dihadiri oleh Ketuan Umum Dekopin Pusas Dr.  Agunh Sudjatmoko S. Pd. MM.  Ketua Dekopinwil Jawa Barat Bapak Dr. H.Mustofa Djamaludin Drs. M.Si Ketua Dekopinda Pusat,  Gubernur Jawa Barat yang di wakili Dinas Koperasi,  Ketua Dekopinda Kota Bangdung Dr.H.Usep Sumarno, MH. M. Si. Para undangan Dekopinda dari seluruh kabupaten dan kota termasuk Kota Depok..

Acara ini dibuka oleh Dinas Koperasi & UK Mewakili Gubernur Jawa Barat. Sekaligus membuka Rakerwil Dekopinwil Tahun 2024. yang menyampaikan peran penting koperasi dalam perekonomian khususnya di Provinsi Jawa Barat.

Beliau berharap seluruh koperasi di Jawa Barat ini semakin kompak bersatu dan saling bahu membahu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat ucap nya….

Photo : Penyerahan Piagam penghargaan dan Dekopinwil Award 2024

Sambutan Ketua Umum Dekopin Pusat Bapak. Dr. Agung Sudjatmoko, S, Pd. MM katakan. Saya sudah bicara banyak dengan Ketua Majelis pakar partai koalisi yang namanya Pak Burhanuddin Abdullah bahwa pembangunan ke depan di era pemerintahan presiden Prabowo kembali ke konstitusi negara berarti kembali ke Pancasila dan undang-undang Dasar 45 pasal 33 sehingga moga-moga kita berharap bahwa dengan presiden baru ada kebijakan baru ada program baru yang membangun koperasi lebih sesuai dengan jati dirinya.

Saya mengingatkan pada diri saya Dan semua Insan koperasi bahwa kita menghadapi tantangan yang tidak semakin mudah dalam membangun usaha koperasi dan membangun kebersamaan, gerakan koperasi tantangan Koperasi Hari ini ke depan adalah ada lima Yang saya identifikasi

Yang pertama adalah transformasi bisnis semua pelaku bisnis di luar Gerakan Koperasi sudah melakukan perubahan-perubahan yang cukup signifikan maka tantangan bagi para pengurus koperasi harus juga mampu melakukan perubahan secara signifikan bagaimana menghadapi perubahan yang terjadi,

Yang kedua adalah tantangan koperasi ke depan adalah digitalisasi koperasi digitalisasi koperasi atau digitalisasi bisnis ini punya hambatan yang luar biasa di tubuh Gerakan Koperasi. Kalau bicara digitalisasi bahwa dari 127.000 koperasi di Indonesia itu baru 13 sampai 15% yang berdiri,

Yang ketiga tantangan adalah perubahan lingkungan strategis karena apa karena adanya teknologi dan adanya perilaku dari konsumen atau masyarakat yang berubah perubahan lingkungan strategis karena apa teknologi dan perilaku masyarakat yang berubah ini ditunjang dengan tantangan.

Yang keempat adanya generasi milenial generasi zelineal dan generasi Alpha yang sangat literasi terhadap digitalisasi

Yang kelima tantangan, adalah persaingan bisnis dan globalisasi yang sampai hari ini menjadi tantangan yang belum kita bisa selesaikan contoh sederhananya adalah belum ada gerakan koperasi kita yang punya cabang di negara lain, yang punya cabang di beberapa negara di seluruh dunia ini tantangan bagi kita jadi ada 5 tantangan yang itu harus kita selesaikan dan harus kita jalani untuk menata kehidupan Koperasi Hari ini yang tepat transformasi bisnis digitalisasi bisnis perubahan lingkungan strategis karena teknologi dan perilaku masyarakat generasi milenial generasi milenial dan generasi Alfa yang itu sangat pragmatis dan sangat literasi digitalnya sehingga harus kita dekati untuk bisa memahami tentang bagaimana permutasinya dan yang terakhir adalah persaingan bisnis dan globalisasi nah bagaimana caranya itu yang terakhir yang perlu saya ingatkan pada kita semua caranya adalah strateginya adalah koperasi harus melakukan adaptasi melakukan transformasi dan melakukan kolaborasi antar koperasi maupun koperasi dengan suatu bisnis yang lain tiga hal itu harus kita lakukan karena nggak mungkin kita berkesendirian…ucapnya.

Fhoto : Ketua dan Pengurus Dekopinda Kota Depok

Ketua Dekopinda Kota Depok Bapak Dr Teguh Prajitno SE. Turut Hadir beserta para pengurus nya dalam acara ini. Menyampaikan rasa terimakasih atas undangan nya di dalam acara tasyakuran memperingati 77 tahun hari koperasi nasional tingkat jawa barat..

Di hadapan ratusan anggota dan pengurus koperasi yang hadir, dari berbagai daerah se provinsi jawa barat, Ketua Umum Dekopin Pisat dampingi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Provinsi Jawa Barat Beliau juga menyerahkan Dekopinwil Award 202, penghargaan, tokoh penggiat, penggerak dan berprestasi. Koperasi, Serta penyerahan piagam penghargaan kepada partisipasi / sponsor

Dari seluruh rangkaian Hari Koperasi Ke-77 Tahun 2024, diharapkan dapat memperkuat tali silaturahmi dan mendorong kemajuan koperasi dalam menunjang perekonomian di Provinsi Jawa Barat.. ( Tony)

 

Mungkin Anda Menyukai