Sukamaju. Situ Bahar Menjadi Aksi Sasaran Masyarakat Jumat Bersih.

DEPOK Cilodong. Nuansapublik.com.

Aksi sasaran Jumat Bersih di Situ Bahar, di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Depok pada Jumat, 20/09/2024.

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat dan dinas terkait, di antaranya JPKP Nasional, anggota Redkar 25 Kelurahan Sukamaju, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, FKDM Cilodong, serta tokoh setempat H.Zarkasih juga H.Suharja, sebagai juru kunci Situ Bahar.Turut pula hadir Lurah Sukamaju Indra beserta perwakilan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Pada pukul 07:30 WIB, seluruh peserta yang terdiri dari masyarakat dan dinas terkait telah berkumpul di teras Masjid An’nuriyah. Kegiatan dengan apel pagi yang dilaksanakan tepat pukul 08:00 WIB, sebagai bentuk kesiapan dan koordinasi bersama dalam menjalankan tugas mulia ini yangg di pimpin lurah Sukamaju Indra chahyadi dan H Suharja Selaku juru situ.

Foto : Kiri H. Suharja Juru Situ Tengah Lurah Sukamaku Indra Chayadi SH. Kanan Ketua LPM Kusmawan Kelurahan Sukamaju.

Dalam sambutanya lurah Sukamaju Indra Chahyadi, menegaskan pentingnya sinergi antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga-lembaga serta element masyarakat terkait dalam menjaga kelestarian lingkungan bahwa Situ Bahar bukan sekadar ruang publik, melainkan aset alam yang penting untuk dijaga. “Kegiatan ini bukan hanya upaya membersihkan secara fisik, tetapi juga upaya menumbuhkan kesadaran kolektif akan pentingnya merawat lingkungan kita. Situ Bahar adalah bagian dari kehidupan kita dan sudah sepatutnya kita pelihara bersama,” ujarnya.

dukungannya dengan menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. mengajak seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa bergotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Gotong royong seperti ini adalah kekuatan kita sebagai bangsa. Dengan bersatu, kita bisa memastikan lingkungan yang bersih dan sehat untuk anak cucu kita di masa mendatang,” ungkapnya dengan penuh semangat…ungkapnya.

Setelah apel pagi, seluruh peserta bergegas melakukan aksi bersih-bersih di sekitar Situ Bahar. Mereka dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk menyisir area-area yang memerlukan perhatian, seperti tepian situ yang kerap dipenuhi sampah. DLHK Depok menyediakan peralatan kebersihan yang diperlukan, seperti sapu, karung sampah, dan alat pemotong rumput. Anggota Redkar 25 Kelurahan Sukamaju turut sigap selama kegiatan berlangsung.

H. Suharja, Juru kunci Situ Bahar menyambut baik kegiatan ini. Sebagai penjaga kawasan, ia merasa terhormat, dalam aksi Jumat bersih, menjaga kelestarian situ yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga Sukamaju. Partisipasi warga sekitar juga cukup antusias, di mana mereka turun langsung dan mengucapkan terima kasih, Pak Lurah sukamaju, LPM, Rekdar. LSM JPPKN, DLHK. Dan Warga Sukamaju.. semoga menjadi amal ibadah kita semua.

Pak Zarkasih, salah seorang warga juga sebagai tokoh masyarakat yang tinggal di sekitar Situ Bahar, mengungkapkan rasa bangganya atas inisiatif ini. “Kegiatan ini sangat positif, dan kami sebagai warga sangat bersyukur karena lingkungan jadi lebih bersih. Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan secara rutin,” ujarnya.

Situ Bahar, yang selama ini menjadi salah satu sumber daya air penting dan habitat bagi beragam flora dan fauna, sering kali
menghadapi tantangan dalam hal kebersihan dan penumpukan sampah serta limbah pabrik yang mencemari Situ Bahar. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini menjadi langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan alam di tengah pesatnya perkembangan kota.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran kolektif dalam menjaga kebersihan lingkungan serta memperkuat kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan Depok yang lebih hijau dan asri…(Tony)

Mungkin Anda Menyukai