Camat Cilodong Supomo, Webinar Hari Hipertensi Sedunia 2022. Di PosWindu Kenanga RW.02 Kelurahan Cilodong.

Depok Cilodong : Nuansapublik.Com.

Hari Hipertensi Sedunia 2022 atau dikenal sebagai World Hypertension Day jatuh pada hari ini. Momen ini dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Mei yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terkait pentingnya mengenali gejala, faktor risiko, dan cara mencegah tekanan darah tinggi.

Hipertensi merupakan kondisi umum saat tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi dan bisa memicu masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular. Kondisi ini juga ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri.

Meski gejalanya sering tidak terlihat, hipertensi masih bisa dideteksi dan dikontrol dengan baik.

Acara hari ini rabu 18/05/2022 di gelar di Posyandu Kenanga Bedungan Kelurahan Cilodong kecamatan Cilodong Kota Depok.

Hari Hipertensi Sedunia di gelar melalui Webinar  Kementrian Kesehatan ( Kemenkes)   Republik Indonesia yang di ikutsertakan se Jawa dan Bali termasuk dinas Kesehatan Kota Depok.

DinKes Kota Depok menunjuk Posyandu Kenanga Kelurahan Cilodong di ikut sertakan, secara Webinar.

Nampak yang hadir Camat Cilodong Supomo beserta jajarannya, Lurah  Cilodong, Puskesmas Cilodong, para Kader Posyandu serta perwakilan dari DinKes Kota Depok.

Ada sejumlah faktor yang bisa memicu tekanan darah tinggi di dalam tubuh, yaitu:

Risiko tekanan darah tinggi meningkat seiring bertambahnya usia, sampai usia 64 tahun, tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada pria sedangkan pada wanita, lebih mungkin terjadi saat berusia di atas 65 tahun.

Hipertensi juga cenderung diturunkan dalam keluarga obesitas

Seseorang berisiko mengalami hipertensi jika memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Jika tubuh semakin berat, semakin banyak juga darah yang dibutuhkan untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh.

Saat jumlah aliran darah melalui pembuluh darah meningkat, itu juga akan meningkatkan tekanan pada dinding arteri.

Menurut Camat,  Supomo:  Kami mengajak masyarakat warga Cilodong untuk memberikan suatu pembelajaran diri kita dulu, dari munngkin sakit stroke sakit hipertensi, pengurangan penglihatan dan lain lain ini bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat dan kita gemar olah raga kita juga harus bisa aktivitas walaupun sudah tua ya.. harus kita memberikan ruang gerak,  kita melaksanakan olahraga walaupun cuma tiga puluh menit dan aktivitas dalam arti gerakan dari pada tubuh kita untuk memberikan suatu nutrisi pada badan dan raga kita…paparnya

Selain itu antusias warga masyarakat yang hadir pada hari ini yang kita deteksi dini pencegahan penyakit tidak menular, Alhamdulillah sekarang sedang berlangsung dari pukul sembilan sampai pukul sepuluh mencapai delapan belas orang, digelar nya acara pemeriksaan ini selama sebulan penuh yang di laksanakan di pemerintahan Kota Depok / Puskesmas, pendektesian dini. Paparnya..(TY)

Mungkin Anda Menyukai