Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 74 Tahun 2022. Tingkat Kota Depok

Depok. NuansaPublik.Com.

Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 74 Tahun 2022. tingkat Kota Depok dilaksanakan di lapangan Balaikota Depok Jl. Margonda raya No 54 – Depok. Kamis 19/12/2022.

Muhammad Tobi’i, S.Pd, MM, selaku pemimpin (komandan) upacara telah mempersiapkan kondisi lapangan untuk kesiapan jalannya upacara dalam rangka memperingati hari bela negara.

Ndaru Ferik Prasojo, M.Si selaku Ka. Bid. Poldagri pada Badan Kesbangpol Kota Depok sebagai Perwira ( penanggung jawab ) upacara memberikan laporan kesiapan upacara kepada inspektur ( pembina ) upacara Ir Imam Budi Hartono Wakil Wali Kota Depok yang hadir mewakili Wali Kota Depok.

Upacara dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di Balaikota Depok Bersama dengan jajarannya serta barisan kader diklat bela negara sebanyak satu SST.
Made Andiana adalah kader bela negara dan juga merupakan duta bela negara Jawa barat dari Kota Depok yang saat ini sebagai mahasiswa Universitas Gunaharma bertugas untuk membaca Ikrar Bela Negara.

Hari Wibowo, M.Pd kader bela negara yang dipercayakan membacakan do’a pada giat dimaksud. Keseharian adalah sebagai pendidik pada SMAN 13 Depok juga sebagai Ketua MGMP PPKn Prov Jawa Barat.
Kader Bela Negara lainnya terdiri dari berbagai unsur dan lapisan masyarakat seperti jurnalis, tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar serta masyarakat pada umumnya yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan atau kepemudaan dan unsur ASN.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Depok, membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan, melalui peringatan ini, meneguhkan niat seluruh lapisan masyarakat bahwa membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa.

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengatakan, Bela Negara adalah sikap, perilaku dan tindakan warga negara baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kemudian, Presiden Jokowi juga menyampaikan nilai dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, setia kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara,” ungkapnya.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai,” tandasnya….

Dengan peringatan hari bela negara ini kiranya dapat menjadikan pemantapan persatuan dan kesatuan dan momentum dijadikan sebagai salah satu wujud bela negara untuk kemakmuran rakyat.

 

Selepas kegiatan upacara dilapangan para kader bela negara menuju ruang rapat Badan Kesbangpol Kota Depok Gedung DIBALEKA 1 lantai 4, Jl. Margonda Raya No. 54 – Depok, guna menerima arahan dan petunjuk serta ramah tamah bersama dengan drg. Ernawati Sulistijaningrum Sanjoto, M.Kes selaku Sekretaris Badan Kesbangpol.

Para Kader Bela Negara, menyampaikan kedepan nya, agar  kami Belneg, siap bersenergi membantu di berbagai kegiatan, hari peringatan pahlawan, Hut. RI. Dll.  Agar kami bisa memberikan peran positif bagi pemerintah dan masayarakat…..(Tony)

Mungkin Anda Menyukai